Information Technology
Infrastructure Library
Tokopedia
Nama
Kelompok :
Denny
11117532
Muhammad Furqon Rosyid 14117020
Muhammad Rofiqi Pangestu 13117808
Raymondo Nugroho 15117006
Vicky Hidayat 16117085
STANDAR NATIONAL MANAJEMEN
PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN TOKOPEDIA
Latar
Belakang
Tokopedia
ialah perusahaan Jual-Beli online yang dibuat oleh William Tanuwijaya dan
Leontinus Alpha Edison. Tokopedia memungkinkan setiap individu,Toko Kecil,dan
Brand/Merk dagang untuk membuka & meng elola toko daring. Tokopedia kini
menjadi perusahaan Jual-Beli online pertama asal asia tenggara yang berhasil
mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100juta dollar dari Softbank dan
sequoia capital. Pengembangan sebuah perusahaan tentunya tidak terlepas dari
adanya 5 domain utama system informasi, yaitu :
1.
Service Strategy
Dalam
sebuah perusahaan/organisasi pastinya harus memiliki sebuah strategi pelayanan
yang baik. Strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta
perlu dilakukan oleh para pengembang / orang orang penting yang ada didalam
perusahaan untuk mencapai pelayanan yang optimal. Pada Tokopedia, service
strategy yang terlihat ialah pelayanan yang dihandle dengan sangat baik dari
Customer Service(CS) Tokopedia tersebut. Bahkan pengguna Tokopedia bisa saling
berinteraksi langsung ke sesama penggunanya yang bertujuan untuk mempermudah
proses jual beli nya.
2.
Service Design
Service Design sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Selain untuk menarik
minat untuk menggunakan aplikasi perusahaan adanya service design yang baik
juga akan mempermudah para pengguna aplikasi untuk menjalankannya. Pada
Tokopedia ini mereka merancang dan mendesign sebuah Aplikasi untuk mobile dan
Web untuk PC dan bisa juga via mobile untuk melakukan proses jual beli.
Tokopedia sangat memperhatikan design bukan hanya tampilan Aplikasi nya
tampilan Aplikasi nya saja yang menarik namun juga mempermudah para penggunanya
memahami fitur fitur yang tersedia dari aplikasi itu sendiri bahkan untuk orang
awam sekalipun. Dimana pada saat proses mencari barang yang kita inginkan ,
pembayaran , sampai tranksaksi terkahir dijalani sangat mudah untuk dipahami.
3.
Service Transition
Menggambarkan
bagaimana organisasi bertransformasi menuju pelayanan yang lebih baik lagi.
Tahapan ini harus dikawal dengan sangat baik agar efektif. Di Tokopedia ada
sebuah fitur yang bernama “Saldo Tokopedia”, sekarang ini saldo bisa di Top Up
melalui bank / minimarket yang berkerja sama. Jadi dengan adanya saldo
tokopedia ini penggunaan akan di permudah dalam proses pembayaran. Tidak perlu
lagi ke bank,buka mbanking atau transfer, cukup dengan pilih gunakan saldo
Tokopedia media masa otomatis pesanan kita telah dibayarkan sangat menghemat
waktu.
4.
Service Operation
Mendeskripsikan
secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen yaitu
pengelolaan pelayanan itu sendiri, pada Tokopedia sendiri mempunyai fitur anti
penipuan, markanya penipuan belanja online tentunya sanga meresahkan para
pembeli yg biasa membeli secara online, namun fitur yang ada pada tokopedia ini
sudah pasti aman, karena pada saat pihak pembeli melakukan pembayaran nantinya
akan masuk ke rekening tokopedia terlebih dahulu, begitu proses nya selesai maka
nantinya penjual akan diminta untuk mengirimkan barang yang telah dipesan
pembeli, jika sudah maka input nomor resinya sebagai bukti. Jika barang yang
dipesan sudah sampai ketangan pembeli maka pembayaran pembeli itu akan masuk ke
rekening si penjual. Jika belum sampai maka dana tidak bisa dicairkan.
Kelebihan :
a.
Bagian
penambahan daftar produk juga sangat jelas, pilihan kategori lebih
bervariasi dan fitur harga grosir
b.
Walaupun
banyak bug, tapi keamanan akun cukup bagus, penggunaan kode OTP sangat diapreasiasi
c.
Pilihan pengiriman
beserta biaya tambahan yang dikenakan sangat jelas.
d.
Transfer
saldo ke rekening sangat cepat, rata-rata 2 – 3 jam, maksimal 4 jam ke empat
bank besar.
e.
Loading
website cukup ringan, terutama di bagian halaman toko dan produk yang sangat
minimalis tapi informatif.
Kekurangan :
a.
Maintenance…
Maintenance… Maintenance…
b.
Setelah
maintenance walaupun hanya beberapa jam, tapi problem nya menyusul hingga 1 – 2
hari, mulai dari foto yang hilang, lemot dan ketidaksesuaian data toko.
c.
Tidak tersedia
pilihan untuk mem-blacklist pembeli.
d.
Tidak
tersedia fitur diskon berbatas waktu.
e.
Poin ini
untuk pembeli, Setinggi apapun reputasi dan statistik transaksi yang dimiliki,
bakal selalu ada pertanyaan “Ready gak barangnya?”
f. Terkadang bisa direpotkan oleh pembeli yang
merupakan dropshipper.
5.
Continual Service Improvement
Perlunya
perbaikan pelayanan secara teruss menerus harus sangatlah diperhatikan.
Tokopedia pun terus meningkatkan servicenya. Banyak perubahan fitur dan
kebijakan pada tokopedia sekarang dibandingan saat Tokopedia baru di rilis.
Fitur fitur yang terdapat ditokopedia sangatlah mudah dipahami, kita bisa
mencari produk yang kita inginkan dengan mudah dan bisa menggunakan bantuan
Katalog/Hot List. Yang sangat menarik ialah fitur Gold Merchant yang ada
ditokopedia,Gold Merchant itumerupakan fitur berbayar yang bisa memberikan
kemudahan untuk penjual mengelola toko. Fasilitas yang ada di Gold Merchant
yaitu: Perhitungan Kurs Dollar. Penambahan admin untuk mengelola toko. Informasi
toko fisik pada katalog, dan masih banyak lagi.
Daftar
Pustaka