Langsung ke konten utama

Information Technology Infrastructure Library Tokopedia



Information Technology Infrastructure Library
Tokopedia



Nama Kelompok :
Denny                                                          11117532
Muhammad Furqon Rosyid                        14117020
Muhammad Rofiqi Pangestu                       13117808
Raymondo Nugroho                                    15117006
Vicky Hidayat                                             16117085


STANDAR NATIONAL MANAJEMEN PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN TOKOPEDIA

Latar Belakang
            Tokopedia ialah perusahaan Jual-Beli online yang dibuat oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia memungkinkan setiap individu,Toko Kecil,dan Brand/Merk dagang untuk membuka & meng elola toko daring. Tokopedia kini menjadi perusahaan Jual-Beli online pertama asal asia tenggara yang berhasil mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100juta dollar dari Softbank dan sequoia capital. Pengembangan sebuah perusahaan tentunya tidak terlepas dari adanya 5 domain utama system informasi, yaitu :
1. Service Strategy
Dalam sebuah perusahaan/organisasi pastinya harus memiliki sebuah strategi pelayanan yang baik. Strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh para pengembang / orang orang penting yang ada didalam perusahaan untuk mencapai pelayanan yang optimal. Pada Tokopedia, service strategy yang terlihat ialah pelayanan yang dihandle dengan sangat baik dari Customer Service(CS) Tokopedia tersebut. Bahkan pengguna Tokopedia bisa saling berinteraksi langsung ke sesama penggunanya yang bertujuan untuk mempermudah proses jual beli nya. 
2. Service Design
            Service Design sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Selain untuk menarik minat untuk menggunakan aplikasi perusahaan adanya service design yang baik juga akan mempermudah para pengguna aplikasi untuk menjalankannya. Pada Tokopedia ini mereka merancang dan mendesign sebuah Aplikasi untuk mobile dan Web untuk PC dan bisa juga via mobile untuk melakukan proses jual beli. Tokopedia sangat memperhatikan design bukan hanya tampilan Aplikasi nya tampilan Aplikasi nya saja yang menarik namun juga mempermudah para penggunanya memahami fitur fitur yang tersedia dari aplikasi itu sendiri bahkan untuk orang awam sekalipun. Dimana pada saat proses mencari barang yang kita inginkan , pembayaran , sampai tranksaksi terkahir dijalani sangat mudah untuk dipahami.

3. Service Transition
          Menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi menuju pelayanan yang lebih baik lagi. Tahapan ini harus dikawal dengan sangat baik agar efektif. Di Tokopedia ada sebuah fitur yang bernama “Saldo Tokopedia”, sekarang ini saldo bisa di Top Up melalui bank / minimarket yang berkerja sama. Jadi dengan adanya saldo tokopedia ini penggunaan akan di permudah dalam proses pembayaran. Tidak perlu lagi ke bank,buka mbanking atau transfer, cukup dengan pilih gunakan saldo Tokopedia media masa otomatis pesanan kita telah dibayarkan sangat menghemat waktu.
4. Service Operation
          Mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri, pada Tokopedia sendiri mempunyai fitur anti penipuan, markanya penipuan belanja online tentunya sanga meresahkan para pembeli yg biasa membeli secara online, namun fitur yang ada pada tokopedia ini sudah pasti aman, karena pada saat pihak pembeli melakukan pembayaran nantinya akan masuk ke rekening tokopedia terlebih dahulu, begitu proses nya selesai maka nantinya penjual akan diminta untuk mengirimkan barang yang telah dipesan pembeli, jika sudah maka input nomor resinya sebagai bukti. Jika barang yang dipesan sudah sampai ketangan pembeli maka pembayaran pembeli itu akan masuk ke rekening si penjual. Jika belum sampai maka dana tidak bisa dicairkan.
            Kelebihan :
a.      Bagian penambahan daftar produk juga sangat jelas, pilihan kategori lebih bervariasi dan fitur harga grosir
b.      Walaupun banyak bug, tapi keamanan akun cukup bagus, penggunaan kode OTP sangat diapreasiasi
c.       Pilihan pengiriman beserta biaya tambahan yang dikenakan sangat jelas.
d.      Transfer saldo ke rekening sangat cepat, rata-rata 2 – 3 jam, maksimal 4 jam ke empat bank besar.
e.       Loading website cukup ringan, terutama di bagian halaman toko dan produk yang sangat minimalis tapi informatif.



Kekurangan :
a.      Maintenance… Maintenance… Maintenance…
b.      Setelah maintenance walaupun hanya beberapa jam, tapi problem nya menyusul hingga 1 – 2 hari, mulai dari foto yang hilang, lemot dan ketidaksesuaian data toko.
c.       Tidak tersedia pilihan untuk mem-blacklist pembeli.
d.      Tidak tersedia fitur diskon berbatas waktu.
e.       Poin ini untuk pembeli, Setinggi apapun reputasi dan statistik transaksi yang dimiliki, bakal selalu ada pertanyaan “Ready gak barangnya?”
f.       Terkadang bisa direpotkan oleh pembeli yang merupakan dropshipper.
5. Continual Service Improvement
          Perlunya perbaikan pelayanan secara teruss menerus harus sangatlah diperhatikan. Tokopedia pun terus meningkatkan servicenya. Banyak perubahan fitur dan kebijakan pada tokopedia sekarang dibandingan saat Tokopedia baru di rilis. Fitur fitur yang terdapat ditokopedia sangatlah mudah dipahami, kita bisa mencari produk yang kita inginkan dengan mudah dan bisa menggunakan bantuan Katalog/Hot List. Yang sangat menarik ialah fitur Gold Merchant yang ada ditokopedia,Gold Merchant itumerupakan fitur berbayar yang bisa memberikan kemudahan untuk penjual mengelola toko. Fasilitas yang ada di Gold Merchant yaitu: Perhitungan Kurs Dollar. Penambahan admin untuk mengelola toko. Informasi toko fisik pada katalog, dan masih banyak lagi.









Daftar Pustaka


Postingan populer dari blog ini

Animasi menggunakan Website Powtoon

Nama : Muhammad Rofiqi Pangestu NPM : 13117808 Kelas : 3KA08 Abstrak Pembuatan animasi ini dibuat menggunakan website www.powtoon.com . Video ini bertemakan tentang Go Green. Pendahuluan Animasi  adalah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud adalah gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan lain sebagainya. Go-Green adalah tindakan penyelamatan bumi yang saat ini sudah mengalami kerusakan dan pemanasan gobal akibat dari ulah kita sendiri. Go green bisa di sebut pula dengan ” Penghijauan”, dengan kemajuan zaman yang saat ini semakin banyak produk-produk yang tidak ramah lingkungan dan dapat merusak alam serta lingkungan kita seperti banyaknya kendaraan bermotor, penggunaan kantong plastik, dll. Langkah Pembuatan Membuka Website pembuatan animasi gratis www.powtoon.com Mendaftar...